Senin, 04 Februari 2013

Pengertian Komputer

Saat ini banyak yang sudah menggunakan komputer. Baik itu untuk kebutuhan pribadi maupun untuk suatu perusahaan (usaha). Dirumah-rumah, maupun kantoran pun sebagian besar tidak terlepas dari penggunaan komputer. Karena sekarang juga sudah banyak pekerjaan-pekerjaan yang ditangani menggunakan komputer.

Kembali sebentar kemasa lalu. Proses menghitung sudah dilakukan oleh manusia secara manual, karena pada masa itu belum ada alat atau mesin yang digunakan untuk menghitung. Bukan hanya menghitung, proses mengolah datapun juga sudah dilakukan sejak belum ada komputer. 

Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

Komputer sendiri mempunyai pengertian ataupun arti. Istilah komputer (computer) sendiri diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).

Menurut V.C. Hamacher (1982), komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memrosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.

Menurut Robert H. Blissmer(1985), komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Dari beberapa pengertian komputer menurut beberapa ahli diatas secara umum bisa kita artikan kepada kumpulan alat elektronik yang tersusun menjadi rangkaian membentuk sebuah mesin berteknologi dengan kontrol sistem operasi disertai program-program yang mampu menerima dan menyimpan data, melakukan pengolahan dan memberikan hasil dalam bentuk informasi sesuai prosedur operasi yang dirumuskan.

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia.

Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.

  1. Peralatan manual : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
  2. Peralatan mekanik : yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
  3. Peralatan mekanik elektronik : Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik.
  4. Peralatan elektronik : Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.

0 komentar:

Posting Komentar